Monday 30 May 2016

100 NASEHAT UNTUK PARA REMAJA (3-6)

٣. ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻟﻴﺲ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩﺍً 

ﻓﻘﻂ ﺃﻭ ﻗﻮﻻً ﻓﻘﻂ .

3. Ketahuilah wahai para remaja bahwa Iman kepada Allah 'azza wajalla bukan sekedar pernyataan keyakinan belaka, atau hanya sekedar perkataan saja.  

ﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﻥ ، ﻭﻗﻮﻝ ﺑﺎﻟﻠﺴﺎﻥ ، ﻭﻋﻤﻞ ﺑﺎﻷﺭﻛﺎﻥ ، ﻳﺰﻳﺪ ﺑﺎﻟﻄﺎﻋﺔ ﻭﻳﻨﻘﺺ ﺑﺎﻟﻌﺼﻴﺎﻥ . ﻓﻌﻠﻴﻚ ﺑﻄﺎﻋﺔ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﻭﺗﺮﻙ ﺍﻟﻌﺼﻴﺎﻥ ، ﻓﺈﻧﻬﻤﺎ ﺳﺒﻴﻠﻚ ﺇﻟﻰ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ

Sesungguhnya Iman kepada Allah Taala adalah meyakini dalam hati, diucapkan dalam lisan daa dibuktikan dengan raga, bertambahnya dengan ketaatan dan menurunbya keimanan karena maksiat. Maka wajib atas kalian senantiasa dalam ketaatan dan jauhi kemaksiatan, aka sesungguhnya keduanya merupakan jalan bagi kalian dalam meningkatkan keimanan kalian.  

٤. ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﺧﻠﻘﻨﺎ ﻟﻌﺒﺎﺩﺗﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ :

4. Ketahuilah wahai para remaja, sesungguhnya Allah 'Azza wajalla menciptakan kita agar kita menyembahNYA semata dan tidak boleh menyekutukanNYA dengan selainnya. 

ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ } ﻭَﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖُ ﺍﻟْﺠِﻦَّ ﻭَﺍﻟْﺈِﻧﺲَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻴَﻌْﺒُﺪُﻭﻥِ { ‏[ :56 ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺬﺍﺭﻳﺎﺕ ‏]

Sebagiamana Firman Allah;  " Dan tidaklah Kami ciptakan Jin dan manusia kecuali untuk menyembahKU"
(QS. Ad Dzariyat 56)

ﻭﺇﺧﻼﺹ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻻ ﻳﺘﺤﻘﻖ ﺇﻻ ﺑﻨﻔﻲ ﺍﺳﺘﺤﻘﺎﻕ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻋﻦ ﻏﻴﺮﻩ ﺗﻌﺎﻟﻰ ، ﺛﻢ ﺇﺛﺒﺎﺗﻬﺎ ﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ، ﻭﻫﺬﺍ ﻣﻘﺘﻀﻰ ﺷﻬﺎﺩﺓ ﺃﻥ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ . ﻗﺎﻝ ﺗﻌﺎﻟﻰ } ﻓَﻤَﻦْ ﻳَﻜْﻔُﺮْ ﺑِﺎﻟﻄَّﺎﻏُﻮﺕِ ﻭَﻳُﺆْﻣِﻦ ﺑِﺎﻟﻠّﻪِ ﻓَﻘَﺪِ ﺍﺳْﺘَﻤْﺴَﻚَ ﺑِﺎﻟْﻌُﺮْﻭَﺓِ ﺍﻟْﻮُﺛْﻘَﻰَ ﻻَ ﺍﻧﻔِﺼَﺎﻡَ ﻟَﻬَﺎ ﻭَﺍﻟﻠّﻪُ ﺳَﻤِﻴﻊٌ ﻋَﻠِﻴﻢٌ { ‏[ 256 ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺒﻘﺮﺓ ‏] .

Dan ikhlasnya ibadah kita tidak akan terpenuhi kecuali dengan menafikan/ mengingkari hak ibadah kepada selain Allah, kemudian menetapkan Hanya Allah semata yang berhak diibadahi, dan inilah yang wajib ada pada kesaksian/ pernyataan kita bahwa tiada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, Allah berfirman:

"Barang siapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Al-Baqarah: 256).

ﻓﻌﻠﻴﻚ ﺑﺈﺧﻼﺹ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺣﺪﻩ ، ﻭﺇﻳﺎﻙ ﺃﻥ ﺗﺼﺮﻑ ﺃﻱ ﻧﻮﻉ ﻣﻦ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻟﻐﻴﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ .

Maka wajib atas kalian wahai para remaja mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah semata, dan hati-hati dengan sikap berlebihan terhadap jenis ibadah yang ditujukan kepada selain Allah subhanahu wata'ala. 

٥. ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻫﻲ ﻟﻔﻈﺔ ﺟﺎﻣﻌﺔ ﻟﻜﻞ ﻣﺎ ﻳﺤﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻳﺮﺿﺎﻩ : ﻣﻦ ﺍﻷﻗﻮﺍﻝ ﻭﺍﻷﻓﻌﺎﻝ ﺍﻟﻈﺎﻫﺮﺓ ﻭﺍﻟﺒﺎﻃﻨﺔ ، ﻓﺎﺟﺘﻬﺪ ﻓﻲ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﻣﺎ ﻳﺤﺒﻪ ﺭﺑﻚ ، ﻭﺍﺑﺤﺚ ﻋﻦ ﻓﻀﺎﺋﻞ ﺗﻠﻚ ﺍﻷﻋﻤﺎﻝ

5. Ketahuilah wahai para pemuda bahwa ibadah adalah segala sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah ta'ala baik lahir maupun batin, maka bersungguh-sungguhlah kalian mengetahui amalan yang dicintai Allah, dan carilah keutamaan dari amalan tersebut.

‏٦. ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺃﻓﻀﻞ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩﺓ ﻫﻲ ﻣﺎ ﺍﻓﺘﺮﺿﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻚ :

6. Ketahuilah ibadah yang paling afdhal adalah apa yang telah Allah wajibkan kepada kalian. 

ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻘﺪﺳﻲ : )) ﻭﻣﺎ ﻳﺘﻘﺮﺏ ﺇﻟﻲّ ﻋﺒﺪﻱ ﺑﺸﻲﺀ ﺃﺣﺐ ﺇﻟﻲّ ﻣﻤﺎ ﺍﻓﺘﺮﺿﺘﻪ ﻋﻠﻴﻪ (( ‏[ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ‏] ﻓﺎﻋﺘﻦ ﺃﺧﻲ ﺍﻟﺸﺎﺏ ﺑﺎﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﺃﺷﺪّ ﺍﻻﻋﺘﻨﺎﺀ ، ﻭﺣﺎﻓﻆ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﺷﺪ ﺍﻟﻤﺤﺎﻓﻈﺔ ، ﻭﺃﺕِ ﺑﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﺃﻛﻤﻞ ﻭﺟﻪ .

Sebagaimana firman Allah dalam hadits qudsi; "Dan tidaklah hambaku mendekat kepadaku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dari apa yang telah Aku wajibkan atas mereka"
(HR. BUKHARI )

Maka wahai para remaja hendaklah kalian sangat memperhatikan dengan masalah yang telah diwajibkan dengan perhatian yang penuh, jagalah dengan penjagaan yang penuh, maka lakukan dengan wajah yang semangat. 

Sumber : https://saaid.net/rasael/73.htm

Penerjemah : Abinya Rozan

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More