Tuesday 1 December 2015

Syarah Hadits Arba'in An Nawawiyah Ke-1



بسم الله الرحمن الرحيم

الحديث الأول
(عَنْ أَمِيرِ المُؤمِنينَ أَبي حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ رَضيَ اللهُ تعالى عنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ يَقُولُ: إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلى اللهِ وَرَسُوله فَهِجْرَتُهُ إلى اللهِ وَرَسُوله، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا، أَو امْرأَة يَنْكِحُهَا، فَهِجْرَتُهُ إِلى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ)
 رواه البخاري  ومسلم

1. هذا الحديث أحد الأحاديث التي عليها مدار الإسلام
2.  أنه يجب تمييز العبادات بعضها عن بعض، والعبادات عن المعاملات لقول النبي صلى الله عليه وسلم: إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ
3. الحثّ على الإخلاص لله عزّ وجل
4. حسن تعليم النبي صلى الله عليه وسلم وذلك بتنويع الكلام وتقسيم الكلام، لأنه قال: إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وهذا للعمل وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى وهذا للمعمول له.
5. أن الهجرة هي من الأعمال الصالحة لأنها يقصد بها الله ورسوله، وكل عمل يقصد به الله ورسوله فإنه من الأعمال الصالحة لأنك قصدت التقرّب إلى الله والتقرب إلى الله هو العبادة


HADITS PERTAMA :

Dari amirul mukminin Abi Hafs Umar bin Al-khaththab Radhiallahu Ta'ala 'Anhu beliau berkata : "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda : Sesungguhnya amal tergantung pada niat dan seseorang akan diberikan ganjaran sesuai dengan niatnya. Maka barang siapa hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-nya. Dan barang siapa hijrahnya karena dunia atau wanita yang hendak ia nikahi. Maka hijrahnya sesuai apa yang ia niatkan.”
(HR. Bukhari Muslim).

Pelajaran Penting dari Hadits ini :
  1. Hadits ini salah satu poros islam.
  2. Wajib membedakan ibadah satu dengan yang lainnya. Begitu juga wajib membedakan ibadah dengan mu'amalah berdasarkan sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam : "sesungguhnya amal tergantung niat".
  3. Motivasi untuk ikhlas (dalam beramal) hanya untuk Allah 'Azza Wa Jalla
  4. Baiknya metode pengajaran Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dengan menjadikan sebuah kalimat memiliki variasi ungkapan dan memiliki makna tersendiri dalam setiap uraian. Hal tersebut ditunjukkan dalam sabda beliau : "Sesungguhnya amal tergantung niatnya" maka ini terkait aktifitas perbuatan. Dan sabda beliau berikutnya "Sesungguh setiap orang mendapatkan balasan sesuai yang ia niatkan", maka ini terkait apa yang diperbuat atau objek dari perbuatan tersebut.
  5. Sesungguhnya hijrah adalah bentuk amal shalih, karena tujuan akhirnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan setiap amal yang dimaksudkan untuk Allah dan Rasul-Nya maka masuk kategori amal shalih. Karena engkau bermaksud mendekatkan diri kepada Allah. Sedangkan mendekatkan diri kepada Allah disebut ibadah.

Terjemahan ini untuk mempermudah pemahaman bagi pemula. Sehingga tidak semuanya diterjemahkan karena sulit dipahamai bagi pemula. Oleh karena itu silahkan merujuk kitab asli bagi yang sudah mampu berbahasa arab


Wallaahu a'lam, 


Referensi : Maktabah As syamilah (diamil dari kitab "Syarah Al-Arba'in An-Nawawiyah" – Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin)

Penerjemah : Ustadz Yunusallan

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More